B. Arab Apakah yang dimaksud dengan ikhlas

Apakah yang dimaksud dengan ikhlas

Yang dimaksud dengan ikhlas adalah beramal kebaikan dengan hanya mengharapkan ridho ALLAH Ta’ala. Secara harfiah arti ikhlas adala tulus atau bersih.

PEMBAHASAN

Adik-adik yang mengharap ridho ALLAH, sering kita mendenganr kata ikhlas dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam urusan agama atau urusan dunia, misal ada orang yang meminta maaf lalu mengatakan “ tolong maafkan dan ikhlaskan kesalahan saya yaa “ atau saat diberi sesuatu oleh orang lian kita berkata “ ini ikhlaskan bro ?, atau dalam pelajaran agama yang mengatakan bahwa amalan yang diterima adalah amalan yang ikhlas karena ALLAH, dan seterusnya. Namun sedikit sekalia dari kita yang benar-benar memahami makna dari ikhlas ini.

Nah adik-adik, yang dimaksud dengan ikhlas adalah beramal kebaikan dengan hanya mengharapkan ridho ALLAH Ta’ala. Maksudnya adalah kita melakukan seuatu kebaikan itu dengan niat hanya menginginkan keridhoan ALLAH saja, dan bila mendapat ganjaran maka cukup ALLAH saja yang memberikan ganjaran atas kebaikan yangkita lakukan, tanpa ada sedikitpun didalam hati ini berbuat kebaikan dengan tujuan agar mendapat keuntungan-keuntungan dunia, seperti agar dianggap orang baik, dianggap dermawan, atau agar bisa naik pangkat dan jabatan.

Diantara ciri-ciri orang yang ikhlas adalah :

1. Beramal dengan bersungguh-sungguh dalam beramal , baik saat sendiri maupun didepan orang banyak

2. Beramal tidak untuk mendapatkan pujian manusia

3. Terjaga dari hal-hal yang diharamkan oleh ALLAH baik saat sendiri maupun didepan orang lain

4. Senang apabila melihat orang lain dalam kebaikan, dan istiqmah mengajak kepada kebaikan

Ikhlas merupakan sifat orang-orang beriman yang merupakan perintah ALLAH dan sunnah Rasulullah, sebagaimana akan kakak tuliskan beberapa dalil ikhlas dibawah ini :

1. ALLAH Ta’ala berfirman , “Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang yang menyeru Rabb-nya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaanNya. Dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharap perhiasan kehidupan dunia ini. Dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti hawa nafsunya, dan adalah keadaannya itu melewati batas. [Al Kahfi : 28].

2. ALLAH Ta’ala berfirman Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridhaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat. [Al Baqarah: 265]

3. Rasulullah bersabda , “Sesungguhnya Allah tidak memandang kepada rupa kalian, juga tidak kepada harta kalian, akan tetapi Dia melihat kepada hati dan amal kalian”. ( HR. Muslim )

PELAJARI LEBIH LANJUT

Demikian jawaban kakak, semoga dapat membantu, nah adik-adik untuk soal-soal perkara agama lain, adik-adik bisa cek link dibawah ini yaa. Insha ALLAH jawaban-jawabannya khair karena sudah terverifikasi oleh team brainly . cekidot !

Mengapa abu bakar mendapat gelar as siddiq?jelaskan!

brainly.co.id/tugas/2301099

Mengapa jujur disebut induk dari sifat terpuji ?

brainly.co.id/tugas/18177005

1. Jelaskan keesaan Allah yang terkandung dalam surah al-falaq

2. Jelaskan pengertian tauhid baik dari segi bahasa dan istilah

3. Mengapa surah an-nas dan al-falaq dinamakan surah mu'awwidzatain

4. Jelaskan ayat berikut ini jika dikaitkan dengan kekuasaan Allah Allahu Somad

5. Sebutkan 4 pelajaran yang dapat diambil setelah memahami isi kandungan Quran surah an-nas

brainly.co.id/tugas/18174250


Oke adik adik Semangat!  Jangan lupa jadikan jawaban TERBAIK !


.........................................................................................................................................................


DETAIL JAWABAN

Kelas : VII

Pelajaran : Agama

Kategori : Bab 4 - perilaku terpuji

Kode : 7.14.4

Kata Kunci : sifat terpuji, perbuatan jujur, mahmudah, akhlakul kharimah, sifat ikhlas


Ikhlas=rela

Mksdnya kita rela akan sgla yg trjdi pda diri kita krna kita myakini bhw smua yg trjdi d alam smsta itu khndak Allah